Tugas Harian RBJ tgl 4-8-2017

SOAL

1.jelaskan tentang IP Address
JAWAB :IP Address adalah sebuah alamat/pengenal pada sebuah komputer agar komputer bisa saling terhubung dengan komputer lain

2.Jelaskan tentang IP kelas A,B,C
JAWAB
-kelas A;IP address kelas A terdiri atas 8 bit untuk network ID dan sisanya 24 bit digunakan untuk host ID, sehingga IP address kelas A digunakan untuk jaringan dengan jumlah host sangat besar. Pada bit pertama diberikan angka 0 sampai dengan 127.

-kelas B;IP address kelas B terdiri atas 16 bit untuk network ID dan sisanya 16 bit digunakan untuk host ID, sehingga IP address kelas B digunakan untuk jaringan dengan jumlah host tidak terlalu besar. Pada 2 bit pertama, diberikan angka 10.

-kelas C;IP address kelas C terdiri atas 24 bit untuk network ID dan sisanya 8 bit digunakan untuk host ID, sehingga IP address kelas C digunakan untuk jaringan berukuran kecil. Kelas C biasanya digunakan untuk jaringan Local Area Network atau LAN. Pada 3 bit pertama, diberikan angka 110, dan merupakan kelas IP yg Paling banyak/Sering digunakan.

3.jabarkan tentang subnetting
JAWABSubnetting adalah teknik memecah suatu jaringan besar menjadi jaringan yang lebih kecil dengan cara mengorbankan bit Host ID pada subnet mask untuk dijadikan Network ID baru. Subnetting merupakan teknik memecah network menjadi beberapa subnetwork yang lebih kecil. Subnetting hanya dapat dilakukan pada IP addres kelas A, IP Address kelas B dan IP Address kelas C. Dengan subnetting akan menciptakan beberapa network tambahan, tetapi mengurangi jumlah maksimum host yang ada dalam tiap network tersebut.

4.jelaskan tentang DNS
JAWAB :DNS(Domain Name System) digunakan untuk memberikan resolusi nama domain untuk router itu sendiri dan juga untuk klien yang terhubung dengannya.(pemberian sebuah nama kepada sebuah domain)

5.Jelaskan apa itu NAT
JAWAB :Network Address Translation atau NAT adalah standar Internet yang memungkinkan host pada jaringan area lokal menggunakan satu set alamat IP untuk komunikasi internal dan satu set alamat IP untuk komunikasi eksternal. LAN yang menggunakan NAT disebut jaringan natted. Agar NAT berfungsi,harus ada NAT gateway di setiap jaringan natted. NAT gateway (NAT router) melakukan penulisan alamat IP dengan cara paket perjalanan dari / ke LAN

6.jelaskan tentang masquerade
JAWAB :Firewall NAT action = masquerade,dirancang untuk penggunaan khusus dalam situasi ketika IP publik dapat berubah secara acak, misalnya DHCP-server mengubahnya, atau terowongan PPPoE setelah memutuskan hubungan dengan IP yang berbeda, singkatnya - ketika publik IP itu dinamis

7.jelaskan tentang DHCP server,client,relay
JAWAB :
-DHCP Server :DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) digunakan untuk memudahkan distribusi alamat IP dalam sebuah jaringan. Implementasi MikroTik RouterOS mencakup komponen server dan client dan sesuai dengan RFC 2131. Router mendukung server individual untuk setiap antarmuka seperti Ethernet. Server MikroTik RouterOS DHCP mendukung fungsi dasar untuk memberi setiap klien yang meminta alamat IP / netmask lease, gateway default, nama domain, informasi DNS-server dan WINS-server (untuk klien Windows) (disiapkan di Submenu jaringan DHCP) Agar DHCP Server dapat bekerja, IP Pools juga harus dikonfigurasi (jangan sertakan alamat IP server DHCP sendiri ke dalam jangkauan kolam) dan jaringan DHCP.
-DHCP Client :Client MikroTik RouterOS DHCP mungkin diaktifkan pada antarmuka seperti Ethernet pada satu waktu. Client akan menerima alamat, netmask, gateway default, dan dua alamat server dns. Alamat IP yang diterima akan ditambahkan ke antarmuka dengan netmask masing-masing. Gateway default akan ditambahkan ke tabel routing sebagai entri dinamis. Jika DHCP Client dinonaktifkan atau tidak memperbarui alamat, rute default dinamis akan dihapus. Jika sudah ada rute default yang terinstal sebelum DHCP Client memperolehnya, rute yang diperoleh oleh DHCP Client akan ditampilkan sebagai tidak valid.
-DHCP Relay :DHCP Relay hanyalah proxy yang dapat menerima permintaan DHCP dan mengirimkannya kembali ke server DHCP yang sebenarnya.
8.Jelaskan tentang ARP
JAWAB : Meskipun paket IP ditangani menggunakan alamat IP, alamat perangkat keras harus digunakan untuk benar-benar mengangkut data dari satu host ke host lainnya. Address Resolution Protocol digunakan untuk memetakan alamat IP OSI level 3 ke level OSI 2 MAC addreses. Router memiliki tabel entri ARP yang saat ini digunakan. Biasanya tabel dibangun secara dinamis, namun untuk meningkatkan keamanan jaringan, secara parsial atau benar-benar dapat dibangun secara statis dengan menambahkan entri statis.

9.Apa fungsi hotspot dan fitur"nya di mikrotik
JAWAB : MikroTik HotSpot Gateway menyediakan otentikasi untuk Client sebelum mengakses jaringan publik.

-Fitur-fiturnya :
1.Metode otentikasi yang berbeda dari Client yang menggunakan database Client lokal di router, atau server RADIUS jarak jauh.
2.Pengguna melakukan akuntansi di database lokal di router, atau di server RADIUS jarak jauh
3.walled-garden system, akses ke beberapa halaman web tanpa otorisasi.
4.Modifikasi halaman login, dimana anda bisa menaruh informasi tentang perusahaan
5.Secara Otomatis dan transparan mengubah alamat IP klien ke alamat yang valid

10.jelaskan tentang neighbor discovery
JAWAB :MikroTik Neighbor Discovery protocol (MNDP) dan LLDP memungkinkan untuk "menemukan" perangkat lain yang kompatibel dengan MNDP atau CDP (Cisco Discovery Protocol) atau LLDP di domain broadcast Layer2.

.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MTCWE

Konfigurasi Point To Point

Tools Pada Mikrotik